5 Destinasi Wisata Edukasi Yang Ada di Bali

5 Destinasi Wisata Edukasi Yang Ada di Bali

5 Destinasi Wisata Edukasi Yang Ada di Bali – Bali merupakan tujuan wisata populer dunia yang sering dikunjungi. Sama halnya seperti negara tujuan melancong lain. Untungnya, kini pemerintah telah kembali membuka kegiatan pariwisata.

Oleh karena itu, demi mendukung kegiatan pariwisata nasional, bagaimana jika Anda mengajak keluarga berlibur ke destinasi wisata edukasi Bali. Karena meskipun terkenal sebagai tempat liburan yang romantis, ada juga destinasi wisata edukasi Bali yang cocok untuk keluarga.

  1. Bali Safari Park

Bali Safari Park merupakan destinasi wisata edukasi Bali yang cocok bagi Anda untuk membawa si kecil berlibur. Lokasinya ada di Gianyar, tepatnya Jl. Profesor Ida Bagus Mantra KM ke-19 No. 8.

Di sini, Anda sekeluarga bisa memperoleh pengalaman bersafari dan dekat dengan hewan-hewan eksotis dari seluruh penjuru dunia. Total ada lebih dari 120 fauna, termasuk yang dilindungi seperti komodo, jalak Bali, dan orangutan.

Yang menarik dari Taman Safari Bali ini adalah adanya hotel yang dikelola di area taman safari. Jadi, Anda akan merasa seolah tengah safari di Afrika dan bermalam langsung di tengah-tengah hewan-hewan yang ada di sana. Untuk menginap di hotel ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 1,5 juta per malam. Tarif tersebut sudah termasuk biaya masuk ke Taman Safari.

  1. Bali Bird Park

Destinasi wisata edukasi Bali selanjutnya yaitu Bali Bird Park. Tidak yakin membawa si kecil menginap di Taman Safari atau hanya sekedar bersafari sehari? Tenang saja, ada opsi yang lebih ‘jinak’ untuk keluarga Anda. Bali Bird Park memiliki koleksi hingga 1000 burung dari 250 spesies dari berbagai penjuru dunia.

Untuk biaya masuknya sendiri dibedakan berdasarkan kewarganegaraan dan kependudukan. WNI dikenai biaya 140 ribu. Namun khusus untuk yang berdomisili di Bali cukup membayar 80 ribu saja. Sementara untuk WNA perlu membayar hingga 385 ribu dan WNA yang punya izin tinggal di Indonesia dikenai biaya 185 ribu.

Lokasinya terletak di Singapadu yang juga masih termasuk wilayah Gianyar. Tepatnya berada di Batubulan ke arah Ubud, sekitar 20 menit berkendara dari Sanur dan 40 menit jika dari Kuta. Taman ini buka mulai pukul 9.00 – 17.30 WITA.

  1. Ubud Palace

Jika keluarga Anda kurang tertarik berpetualang, maka Ubud Palace merupakan destinasi wisata edukasi Bali yang paling sesuai. Sama seperti kedua lokasi sebelumnya, istana yang penuh dengan sejarah ini juga berada di Gianyar. Resminya, istana ini bernama Puri Saren Agung.

Puri ini dibangun pada abad ke-19, dan meskipun merupakan sebuah istana, namun tidak begitu luas. Meskipun luasnya tidak seberapa, namun keindahan puri ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Tidak perlu membayar biaya masuk untuk berkunjung ke sini. Hanya saja, jika memutuskan untuk menonton pertunjukan kesenian di malam hari, Anda harus membayar 100 ribu rupiah. Puri ini buka mulai pukul 8.00 – 19.00 WITA. Pastikan untuk datang sepagi mungkin demi mencegah ramainya pengunjung di siang hari.

  1. Kebun Raya Bali

Destinasi wisata edukasi Bali selanjutnya yaitu Kebun Raya Bali. Sudah ada lokasi tentang fauna dan sejarah, bagaimana jika menambah pengalaman liburan dengan pengetahuan flora? Ada Kebun Raya Bali yang berlokasi di Candikuning yang masuk wilayah administratif Baturiti di Tabanan.

Koleksi utama dari kebun raya ini merupakan tumbuhan dengan daun jarum (Gymnospermae) yang berasal dari seluruh dunia. Mulanya, koleksi tanaman banyak didatangkan dari Bogor dan Cibodas serta sebagian juga merupakan tumbuhan asli setempat.

Saat weekday, kebun raya ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore dan ketika weekend beserta hari libur jam tutupnya menjadi pukul 5 sore. Harga tiket masuknya hanya dibedakan berdasarkan hari berkunjungnya saja, yaitu 20 ribu untuk weekend dan 30 ribu untuk weekday.

  1. Dream Museum Zone

Dan destinasi wisata edukasi Bali terakhir yaitu Dream Museum Zone. Lokasi yang satu ini sebenarnya adalah sebuah studio foto yang menawarkan konsep latar lukisan 3D. Lebih dikenal dengan singkatannya DMZ, studio ini memiliki 120 lukisan dengan 14 tema kategori yang akan sukses menciptakan ilusi optik.

Semua foto yang dihasilkan di studio ini pasti akan sukses menyatu dengan latar 3D yang ada. Di sini, Anda bisa membawa kamera sendiri dan pastikan untuk membawa tripod demi hasil foto terbaik.

DMZ terletak di Kuta, tepatnya di JL. Nakula 33 XX yang hanya berjarak 4,5 KM saja dari Pantai Kuta. Studio ini buka mulai pukul 9.00 – 17.00 WITA dengan tiket masuk sebesar 100 ribu untuk WNI dan 125 ribu untuk WNA. Jika anak Anda masih di bawah 3 tahun, maka boleh masuk secara gratis.

Dari daftar ini, terbukti sudah bahwa ada destinasi wisata edukasi Bali yang cocok untuk keluarga. Jadi, boleh saja membawa si kecil berlibur ke Pulau Dewata dan tetap memberikan keseruan liburan seperti di luar negeri.

Melakukan perjalanan wisata merupakan salah satu hal yang harus senantiasa untuk dilakukan. Terutama bagi orang-orang yang sering menghabiskan banyak waktunya selama seharian penuh untuk bekerja. Pikiran tentu akan terasa jenuh dan cara yang paling efektif untuk bisa menghilangkan rasa jenuh tersebut adalah dengan liburan.

Karena dengan liburanlah pikiran akan menjadi lebih segar kembali. Untuk bisa melakukan perjalanan liburan juga tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya kapan saja, baik pada saat hari biasa maupun pada saat musim liburan telah tiba. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikunjungi.

Mungkin Anda bisa memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata terdekat yang ada di daerah Anda. Karena biasanya pasti ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Dengan demikian, nantinya Anda bisa lebih menghemat untuk soal biaya pada saat akan melakukan liburan, contohnya biaya transportasi.

Karena pastinya liburan itu membutuhkan yang namanya biaya. Sudah sepantasnya Anda dapat melakukan pertimbangan dengan sebaik mungkin sebelum akan melakukan liburan. Memang liburan itu penting untuk dilakukan. Namun tetap saja Anda harus memikirkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisa melakukan liburan.

Jangan sampai aktivitas liburan yang dilakukan justru malah memperburuk kondisi keuangan. Karena tujuan utama dari liburan adalah untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang dan bukan malah sebaliknya. Jika Anda memang ingin moment liburan yang dilakukan terasa lebih bermakna, coba rencanakan mulai sedini mungkin.

Untuk melakukannya, Anda mungkin bisa mengajak keluarga atau anak bagi yang sudah menikah atau mengajak pasangan untuk berlibur bersama bagi yang masih menjalin hubungan. Mengajak orang-orang tercinta pada saat liburan tentunya akan memberikan kesan yang sangat luar biasa dan akan menjadi moment yang tidak akan pernah terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.