Destinasi Wisata Malaysia yang Layak untuk Dikunjungi

6 Destinasi Wisata Malaysia yang Layak untuk Dikunjungi

6 Destinasi Wisata Malaysia yang Layak untuk Dikunjungi – Wilayah Malaysia terbagi menjadi 2, yaitu Semenanjung Malaysia dan Malaysia Borneo. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari destinasi kunjungan, maka bisa dilakukan dengan memilih obyek wisata Malaysia sesuai lokasi wilayahnya masing-masing. Karena lokasinya sendiri dapat dikatakan sangat berjauhan.

Dibandingkan dengan Singapura, Malaysia memang lebih sedikit diminati sebagai destinasi wisata. Salah satu alasannya mungkin karena pernah ada sejarah konflik di masa lalu. Namun jangan salah, karena negara ini ternyata memiliki keunikan yang terlalu sayang untuk Anda lewatkan.

Semenanjung Malaysia adalah bagian dari wilayah Malaysia yang terhubung langsung dengan Benua Asia. Wilayah ini berada di bagian semenanjung atau Malaysia bagian barat. Di sini, Anda bisa menemukan perpaduan kultur Melayu, India, dan Tiongkok secara kental. Berikut beberapa destinasi wisata Malaysia populer yang wajib dikunjungi.

  1. Kuil Kek Lok Si

Destinasi wisata Malaysia populer yang wajib dikunjungi pertama yaitu Kuil Kek Lok Si. Jika berada di wilayah semenanjung, tepatnya di Penang, coba datang ke obyek wisata yang satu ini. Kuil Kek Lok Si merupakan sebuah kuil untuk beribadah bagi penganut Buddha dan merupakan yang terbesar di Malaysia.

Kuil ini tergolong baru, karena baru dibangun pada tahun 1891. Meskipun demikian, kompleks ini ramai dikunjungi oleh pemeluk Buddha dari seluruh penjuru Asia Tenggara. Pasalnya, kuil ini memiliki banyak gambar dan ikon Buddha serta para dewa. Yang paling menarik perhatian adalah Kuil Rama yang memiliki 10 ribu pahatan Buddha.

  1. Goa Batu

Destinasi wisata Malaysia populer yang wajib dikunjungi kedua yaitu Goa Batu. Jejak India atau lebih tepatnya jejak Hindu yang ada di Malaysia bisa ditemukan di Goa Batu yang terletak dekat dengan Kuala Lumpur. Goa Batu merupakan kuil Hindu populer bagi pemeluk Hindu yang berada di luar India.

Setiap tahunnya, ada festival Thaipusam yakni sebuah festival keagamaan Hindu yang menarik hingga ribuan pengunjung. Di area kuil, bisa dijumpai banyak monyet yang berkeliaran secara bebas. Tidak hanya itu saja, ada pula patung dewa Hindu raksasa yang tingginya sama dengan 272 anak tangga menuju kuil di goa.

  1. Georgetown

Destinasi wisata Malaysia populer yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Georgetown. Di satu sudut Penang, tepatnya di sisi timur laut, ada yang dinamakan Georgetown. Seperti yang Anda tahu, Malaysia adalah negara persemakmuran Inggris. Area ini pun dinamakan demikian untuk mengenang salah satu Raja Inggris, George III.

Di sini, mayoritas penduduknya adalah populasi keturunan Tiongkok. Nuansa masa kolonial masih bisa Anda rasakan kental di sini. Karena memang harus dijaga demikian berdasarkan peraturan yang ada. Bahkan, sudut kota ini sudah diakui memiliki paduan keindahan arsitektur dan kultur se-Asia Tenggara. Hingga saat ini, Georgetown masih menjadi destinasi wisata Malaysia yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Destinasi Wisata di Malaysia Borneo

Menyeberang ke sisi timur, ada bagian Malaysia Borneo, yaitu wilayah Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Indonesia. Mayoritas obyek wisata Malaysia yang berada di sini merupakan wisata alam. Tentunya sangat direkomendasikan bagi anda semua para pecinta alam untuk melakukan perjalanan wisata ke wilayah ini.

Ada banyak sekali tempat wisata alam yang masih sangat kental dan belum mengalami perubahan yang begitu besar. Karena memang ada beberapa wilayah yang dijadikan sebagai Kawasan konservasi. Berbagai macam flora dan fauna akan anda temukan disana. Dan berikut adalah beberapa destinasi wisata di Malaysia Borneo yang bisa anda kunjungi.

  1. Taman Nasional

Lokasi ini menawarkan pengalaman mengunjungi hutan hujan tertua di dunia yang menjadi habitat banyak hewan langka. Sekilas memang tidak banyak yang bisa ditemui di sini selain pepohonan setinggi puluhan meter dan hewan-hewan penunggu hutan yang bisa anda temui selama berada di lokasi wisata ini.

Akan tetapi, pengalaman berada di hutan hujan jelas bukan sesuatu yang mudah ditemukan di tempat lain. Selain itu, di beberapa bagian sudah dibangun jalan untuk memudahkan pengunjung berkeliling tanpa guide.

  1. Sarawak Cultural Village

Anda ingin mencoba mengenal kebudayaan yang berbeda, bagaimana jika mencobanya di tempat ini. Sarawak Cultural Village memajang koleksi hasil peninggalan suku asli dari Sarawak yang masih kental dengan berbagai macam budayanya.

Ada Iban atau rumah panjang, tempat tinggal khas di sana, hingga barang peninggalan lain. Bukan hanya itu saja, Anda pun dapat merasakan pengalaman menjadi penduduk suku asli dengan belajar tarian, bahkan hingga menggelar pernikahan ala Sarawak. Semua itu bisa anda temukan saat berada di lokasi wisata ini.

  1. Pulau Manukan

Berlokasi di Sabah, Pulau Manukan masih masuk bagian Taman Nasional Tunku Abdul. Yang paling terkenal dari pulau ini adalah hamparan pantainya yang berada di sisi timur pulau. Mata anda pastinya akan dimanjakna dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Menyaksikan biota laut dan terumbu karang pun mudah dilakukan dengan snorkeling atau langsung scuba diving. Belum lagi, pulau ini juga mudah dijangkau dengan menggunakan kapal feri dari Kota Kinabalu.

Itulah beberapa destinasi wisata Malaysia yang bisa Anda kunjungi jika ingin opsi liburan luar negeri yang dekat dengan Indonesia. Selain itu, karena kesamaan kultur budaya, akan lebih mudah untuk menemukan makanan halal bagi Anda yang beragama muslim di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.